Carilah apapun yang kau inginkan...

Minggu, 12 November 2017

LAPORAN PRAKTIKUM ALGORITMA 9 (SEMBILAN)



Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh….

Pada Laporan Praktikum yang Ke-sembilan ini saya akan membahas kembali apa yang kami pelajari selama Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograma (Java) berlangsung pada tanggal 7  November 2017 oleh Ibu Dosen Sundari Retno Andani, S.T,M.Kom .Pada pertemuan ini kami mempelajari tentang JAVA GUI.
Kita langsung saja ,


JAVA GUI


Sun Microsystem, Inc. Selaku pengembang java menyediakan banyak kelas yang dapat digunakan untuk mempermudah pembuatan aplikasi java. Daftar kelas yang telah disediakan oleh Sun, lengkap beserta constructor, method dan cara penggunaanya dapat dilihat pada dokumentasi Java. Dokumentasi java ini akan sangat terasa kegunaanya ketika membuat aplikasi-aplikasi Java berbasis GUI (Graphic User Interface).        
 Graphic User Interface (GUI)  adalah suati aplikasi dalam java yang berbasik grafik. GUI membuat hasil dari suatu program tampak menarik dan nyaman ketika digunakan oleh para user serta kemudahan penggunaan program. Java menyediakan dua kelas untuk GUI, yaitu AWT (Abstract Windowing Toolkit) dan Swing.

A.    AWT (Abstract Windowing Toolkit)

AWT terdapat pada package juva.awt.  package java.awt berisi komponen-komponen GUI yang bersifat platform sistem operasi. Tampilan dari java.awt menyesuaikan dengan sisitem operasi sehingga mengakibatkan dependensi sistem. Kelas yang terdapat pada package java.awt seperti button, label, window, frame, panel, dan dialog.

B.     SWT (Standard Widget Toolkit)

SWT terdapat pada package java.swt. package java.swt berisi komponen-komponen GUI yang bersifat platform sistem operasi . Tampilan dari java.swt menyesuaikan dengan sisitem operasi sehingga mengakibatkan dependensi sistem. Namun, performa dari SWT ini hampir sama dengan swing.

C.    Swing

Swing terdapat pada package javax.swing. package javax.swing dapat diaplikasikan pada multiplatform sistem operasi. Implementasi swing dalam program dapat menggunakan class yang sudah terdapat pada package javax.swing yaitu JFrame, JDialog, JOption, JLabel.



LANGKAH LANGKAH PRAKTIKUM

A.    MEMBUAT PROGRAM cthAWT1.java

import java.awt.*;
            public class cthAWT1 {
                        public static void main (String [] args ) {
                                    Frame myFrame = new Frame ("Contoh program AWT");
                                    Label myLabel = new Label ("Selamat belajar JAVA");
                                    myFrame.add(myLabel);
                                    myFrame.setSize (200 ,150);
                                    myFrame.show ();
                        }
           
NOTE :
1.      Hasil dari program ini jika dikompile akan menghasilkan note.
2.      CTRL + 2 saja, maka tampilannya :





B.     MEMBUAT PROGRAM cthAWT2.java

import java.awt.* ;
class frameTurunan extends Frame {
            Label myLabel = new Label ("Selamat Belajar JAVA!") ;
            public frameTurunan (String judul) {
                        setTitle(judul);
                        setSize (200,200);
                        add(myLabel);
                        show ();
            }
}

public class cthAWT2 {
            public static void main (String[] args) {
                        frameTurunan f = new frameTurunan ("ini Frame Turunan");
            }
}

NOTE :
1.      Hasil dari program ini jika dikompile akan menghasilkan note.
2.      CTRL + 2 saja, maka tampilannya :





C.    MEMBUAT PROGRAM cthSwing1.java
import javax.swing.*;
public class cthSwing1 {
            public static void main (String[] args) {
                        JFrame myFrame = new JFrame("Contoh program Swing");
                        JLabel myLabel = new JLabel ("Selamat belajar JAVA");
                        myFrame.add (myLabel);
                        myFrame.setSize (200,150);
                        myFrame.setVisible (true);
            myFrame.setDefaultCloseOperation (JFrame.EXIT_ON_CLOSE) ;
            }
}

NOTE :
1.      Hasil dari program ini jika dikompile akan menghasilkan note.
2.      CTRL + 2 saja, maka tampilannya :




D.    MEMBUAT PROGRAM cthSwing2.java
import javax.swing.* ;
class frameTurunan extends JFrame {
            JLabel myLabel = new JLabel ("Selamat Belajar JAVA!") ;
            public frameTurunan (String judul) {
                        setTitle(judul);
                        setSize (200,200);
                        add(myLabel);
                        setVisible (true);
            }
}

public class cthSwing2 {
            public static void main (String[] args) {
                        frameTurunan f = new frameTurunan ("ini Frame Turunan");
            }
}

NOTE :
1.      Hasil dari program ini jika dikompile akan menghasilkan note.
2.      CTRL + 2 saja, maka tampilannya :




Kriiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiingg!!!!
Bel Pulangpun berbunyi, maka pembelajaran kamipun selesai..
Demikianlah Laporan Praktikum yang ke-sembilan ini saya buat, lebih dan kurang mohon maaf..
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar